Kamis, 22 September 2016

SOSIOLOGI UMM

Sosiologi merupakam salah satu jurusan yang ada di UMM dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP. Sosiologi memiliki visi menjadi penyelenggara program studi yang unggul dan berdaya saing dalam memperjuangkan umat manusia berdasar nilai-nilai Islam melalui pengkajian dan pengembangan sosiologi. 3 konsentrasi yang dikembangkan yaitu konsentrasi sosiologi industri, sosiologi pembangunan, dan sosiologi lingkungan.
  • Melalui konsentrasi sosiologi industry diharapkan mahasiswa memiliki daya saing dalam pengkajian dan pengembangan sosiologi, terutama pada sosiologi industri.
  • Melalui konsentrasi sosiologi pembangunan diharapkan mahasiswa mampu memahami realita saat ini bahwa Indonesia berada pada posisi Negara berkembang, sehingga pembangunan dari semua bidang perlu tetap dilaksanakan.
  • Melalui konsentrasi sosiologi lingkungan diharapkan mahasiswa mampu untuk memahami realita yang ada saat ini akibat dampak dari pembangunan dan industrialisasi yang telah mempengaruhi kondisi lingkungannya, baik itu lingkungan alam maupun lingkungan sosialnya.
Keterampilan yang diberikan selama perkuliahan antara lain menganalisis dan meneliti persoalan sosial, presentasi masalah sosial dan solusinya. Mengcover masalah sosial industry, memberikan masukan hubungan sosial industry pada pelaku industry, mengelola organisasi dengan pendekatan manusiawi, dan keterampilan menulis di media masa.
Kegiatan-kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh jurusan sosiologi adalah:
  1. Magang ke pelaku industri
  2. Membangun kerjasama dengan mitra-mitra industry
  3. Mendatangkan ahli atau praktisi
  4. Melaksanakan perkuliahan praktek lapangan.

Sumber : http://www.umm.ac.id/id/pages/sosiologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar