Selasa, 01 November 2016

Bripka Sanda Prasetyo, Polisi Peduli Disabilitas



Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran anda ketika mendengar kata polisi? mungkin yang terlintas dalam fikiran sebagian besar orang adalah kantor polisi dan penjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas). Namun pernahkah terlintas dalam fikiran anda seorang polisi yang juga mengabdi kepada penyandang difabel/disabilitas? Ya, inilah sosok polisi yang begitu peduli dengan kaum disabilitas.





Beliau adalah Bripka Sanda Prasetyo, seorang anggota polsek Sumberpucung tepatnya anggota bhabinkamtibmas desa Karangkates kecamatan Sumberpucung. Beliau adalah satu-satunya polisi di kabupaten Malang yang peduli disabilitas. Di waktu senggangnya selepas waktu dinas beliau banyak menggunakan waktunya untuk mengunjungi disabilitas, bisa dikatakan bahwa beliau adalah bapak bagi mereka. Tindakan yang dilakukannya ini pun mengundang rasa kagum dari masyarakat luas, tak hanya masyarakat Sumberpucung. Ketulusannya dalam membina disabilitas sungguh luar biasa, beliau rela menyisihkan waktunya di sela-sela waktu dinas untuk berkunjung dan memberi motivasi untuk mereka. Beliau tak pernah memikirkan dirinya, baginya yang terpenting adalah bagaimana nanti anak-anaknya bisa sukses, dan tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Baru-baru ini beliau mendapatkan penghargaan dari Kapolres Malang sebagai polisi peduli disabilitas, namun ketika ada yang memberi ucapan selamat beliau hanya berkata “Saya tidak ingin dan tidak membutuhkan penghargaan ini. Saya ikhlas membimbing anak-anak saya dan saya hanya berharap kelak mereka akan menjadi orang suskses dan bisa membantu saudara-saudara disabilitas lainnya” ujarnya sembari tersenyum.



Subhanallah, beliau adalah sosok berhati mulia yang dikirim Tuhan sebagai hadiah istimewa bagi disabilitas. Semoga sosok seperti beliau ini akan terlahir lebih banyak lagi. Amin...

   












Tidak ada komentar:

Posting Komentar